(TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator | Babblemint

(TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator

hai sobat, kali ini saya bikin tutorial bagaimana cara membuat 3d dengan adobe illustrator, dalam hal ini saya membuat 3d text, semoga tutorialnya mudah di fahami. kita akan membuat 3d seperti gambar di bawah ini.
untuk tutorial 3d teks ini saya menggunakan font eyelevation pro, karena dari itu tutorialnya malah jadi panjang pisan :D, seperti biasa langkah pertama jalankan sopwernya dulu terus buat kanvas baru ukuran bebas terserah anda, dan menuliskan sesuatu dan itu bebas juga jangan lupa pencet T pada keyborad untuk mengaktifkan tool Type Tool.
dan setelah itu kita akan melakukan pemisahan huruf dari text tersebut dan langkahnya seperti gambar di bawah ini, klik kanan pada teks 3d lalu pilih Create Outlines dan setelah itu lakukan Ungroup pada setiap huruf- hurufnya.
dari hasil pengUngroupan diatas, kita mendapatkan hasil seperti gambar berikut
nah setelah text 3d tersebut nampak seperti gambar diatas, sekarang kita akan melakukan Extrude, langkahnya adalah pada menu bar sorot Effect >>>3D>>Extrude&Bevel, kemudian beri pengaturan seperti nampak pada gambar di bawah ini
nah sekarang teks kita sudah menjadi 3 Dimensi, namun sepertinya kita kurang suka dengan warna atau hasil dengan hanya menggunakan langkah tersebut,  kita lanjutkan saja tutorialnya, lihat gambar di bawah ini, seleksi objek 3d yang tadi kita bikin kemudian sorot pada menu Object kemudian pilih Expand Apperarance
setelah melakukan langkah diatas kemudian kita lakukan Ungroup pada text 3d tersebut, lihat gambar di bawah
dari hasil pengUngroupan tersebut di harapkan mempunyai hasil seperti gambar di bawah ini, dimana bagian depan dan belakang objek 3d terpisah seperti gambar berikut
Setelah kita berhasil memisahkan bagian depan dan belakang objek 3d, sekarang kita akan melakukan Unite atau penggabungan beberapa objek yang terpisah agar pada saat kita memberi warna gradien tidak menjadi terpisah, aktifkan Pathfinder (Window/Pathfinder) lihat gambar di bawah ini, dalam hal ini kita tidak melakukan penggabungan untuk semua objek yang terpisah atau tidak menyatu hanya biasanya dari hasil expand ini ada beberapa objek yang tidak menyatu terutama pada lengkungan. lakukan langkah ini pada semua objek.
setelah selesai melakukan langkah diatas, sekrang kita akan memberi warna Gradasi pada bagian belakang objek 3d teks ini, perhatikan gambar di bawah.
 
setelah kita memberi warna pada bagian belakang 3d teks ini, sekrang kita melakukan cara yang sama untuk bagian depannya, lihat gambar di bawah ini.
OK, dari langkah2 di atas kita mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini. ^_^
hasilnya masih kliatan peang nih gan belum kliatan metalnya nih, oke sekrang kita akan memberi garis tepi untuk 3d teks kita yang baru jadi ini. (kasian di oprek mulu dari tadi :D), copy dan paste bagian depan 3d teks kita kemudian beri garis tepi pada bagian tersebut dengan cara mengktifkan panel stoke (window>>Stroke), bukan stoke penyakit ye gan ini garis tepi hehe liat di gambar gan, beri nilai 2 aja pada isian weight.
setelah kita memberi garis tepi pada bagian depan 3d teks ini, selanjutnya kita melakukan Expand, perhatikan gambar di bawah. 

setelah melakukan Expan kemudian kita melakukan Ungroup pada setiap objek tersebut lalu menghapus pada bagian dalam objek untuk menghasilkan bagian luarnya saja (Outline)
dari hasil pengUngroupan diatas kita mendapatkan Outline untuk setelah itu memberikan warna gradasi pada bagian outline tersebut, lihat gambar di bawah ini
oke kawan setelah kita memberikan warna untuk outline tersebut sekarng terapkan bagian outline ini pada 3d teks yang tadi kita buat, lalu dalam keadaan terseleksi berikan Transparency kemudian pilih Hardlight
dan ini hasilnya
 dan tidak hanya sampai disitu, sekrang kita akan memberikan sedikit kesan kepada text 3d tersebut, sekarnag seleksi semua objek lalu group objek tersebut menjadi satu kesatuan dengan menseleksi semua objek laku tekan Ctrl+G pada keyboard untuk melakukan penggroupan, kemudian tekan Ctrl+V( untuk menyalin objek, semua pasti udah tau hehe) lalu Ctrl+F(paste in front) kemudian menuju panel transparency lalu beri effect Multiply pada text 3D tersebut. 
dan ini hasil akhirnya.
mungkin sekian aja dulu gan untuk tutorial membuat 3D teks dengan adobe illustrator ini kalau ada kritik saran makian cacian tinggalkan di kotak komentar saja nnti saya balas dengan segera.

Bagikan info keren ini ke :

5 Responses to "(TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator" + komentar + 5 komentar

wah, dapat info baru dari mas. makasih ya

Thanks bro kowandy atas Komentarnya di (TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator

wah bermanfaat bgt nih kebetulan lgi mau belajar illustrator. :)

Thanks bro Modz Augustus atas Komentarnya di (TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator

@kowandy tama2 mas kowandy :)

@Modz Augustus semangat bro, ane juga masi rieutz ini , , , hehe

Sudah dicoba gan, langsung jadi praktis bisa diaplikasikan ke banyak projek desain selanjutnya. mantap!

Thanks bro Miranda atas Komentarnya di (TUTORIAL) membuat 3d teks dengan Adobe illustrator

Poskan Komentar

yuk kasi komentar buat blog keren inih :D . . .